74 Fakta Menarik Negara China

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Siapa yang tahu negara China? Pasti tahu dong, negara yang terkenal dengan penduduk terbanyak seantero jagad dunia ini menyimpan segudang fakta yang menarik. Mau tahu faktanya. Simak ini faktanya…

  1. Istilah modern “China” kemungkinan besar berasal dari nama Dinasti Qin (dilafalkan dengan “chin”). Kekaisaran pertama dari Dinasti Qin, Qin Shi Huang, pertama kali menyatukan China pada tahun 221 SM, suatu permulaan periode kekaisaran yang kemudian berakhir pada tahun 1912 M.
  2. China sering dianggap sebagai peradaban yang sudah berlangsung lama, yang menurut kebanyakan sejarawan, mengalami kejatuhannya pada tahun 6000 SM. China juga mempunyai bahasa tulis yang sudah berlangsung lama sekali.
  3. China adalah negara terbesar di dunia (disusul Rusia, Kanada, dan Amerika). China mempunyai wilayah 3.719.275 mil persegi (sedikit lebih besar dari Amerika) dan panjang garis perbatasan antar negaranya seluas lebih dari 117.445 mil. Ada sekitar 5000 pulau yang letaknya terpisah dari pantai China.
  4. Satu dari lima orang penduduk di dunia adalah orang China. Populasi China diperkirakan mencapai 1.338.612.968 pada bulan Juli tahun 2009. Jumlah penduduk China adalah empat kali lipat penduduk Amerika.
  5. Kue keberuntungan adalah bukan dari tradisi China, tetapi ditemukan pada tahun 1920 oleh pekerja di pabrik Key Heong Noodle di San Fransisco.
  6. China juga dikenal sebagai “Kerajaan Bunga” dan banyak dari buah-buahan dan bunga (seperti buah jeruk dan bunga anggrek) sekarang tumbuh di seluruh dunia.
  7. Kertas toilet ditemukan di China pada akhir tahun 1300-an. Pada waktu itu hanya digunakan di kalangan kekaisaran.
  8. China adalah yang menemukan kertas, kompas, serbuk mesiu, dan alat cetak.
  9. China adalah yang menemukan layang-layang (“burung kertas” atau “kecapi Aeolian”) sekitar 3000 tahun yang lalu. Layang-layang tersebut digunakan untuk menakut-nakuti musuh dalam peperangan, dan Marco Polo (1254-1324) menyatakan bahwa layang-layang juga dipakai untuk meramalkan suksesnya pelayaran.
  10. Adu jangkrik adalah hiburan yang terkenal di China. Banyak anak-anak China memelihara jangkrik sebagai binatang kesayangan.
  11. Meskipun ukuaran wilayahnya yang sangat luas, seluruh China adalah berada dalam satu zona waktu
  12. Kebanyakan sejarawan percaya kalau sepak bola itu berasal dari China sejak sekitar tahun 1000 SM.
  13. Ping-pong adalah permainan yang sangat populer di China tetapi tidak diciptakan oleh orang China. Ping-pong berasal dari Inggris dengan nama tenis meja.
  14. Hobi nomor satu orang China adalah koleksi perangko.
  15. Panda besar (“kucing beruang”) sudah dipelihara sejak dua tiga juta tahun yang lalu. Kaisar China yang pertama memelihara panda untuk menangkal ruh-ruh jahat dan mencegah bencana alam. Panda juga dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberanian.
  16. Orang China lebih memilih warna putih daripada hitam sebagai tanda berduka cita dan dalam acara pemakaman.
  17. Meski Leonardo da Vinci (1452-1519) dipercaya sebagai pendesain pertama parasut, tetapi ahli kimia China sukses menggunakan layang-layang yang diikatkan pada orang yang terjun pada abad ke-4 M. Parasut belum aman dipakai dan efektif di Eropa sampai akhir tahun 1700-an.
  18. Tradisi membelit kaki (istilah halusnya “teratai emas”) pertama kali dilakukan oleh kalangan wanita penghibur dan anggota kekaisaran China selama masa dinasti Song (960-1279). Pembalut yang dililitkan dengan ketat lama-lama mematahkan lengkungan kaki dan menyebabkan jari kaki dan tumit wanita tumbuh ke dalam satu sama lain. Otot kaki juga akan berhenti tumbuh dan menjadi sangat langsing. Tulang kaki dipandang memiliki daya tarik seksual.
  19. Para sejarawan memperkirakan bahwa akibat dari pesatnya pertumbuhan penduduk China, untuk menghemat bahan bakar dalam memasak, orang China memotong makanan menjadi potongan kecil-kecil sehingga makanan bisa cepat masak. Potongan makanan kecil-kecil menjadikan pisau tidak digunakan lagi dan diganti dengan supit.
  20. Pada tahun 130 M, Zhang Heng, seorang asrtonom dan sarjana sastra, menemukan instrumen pertama untuk memonitor gempa bumi. Mesin tersebut dapat mendeteksi dan menunjukkan arah gempa bumi.
  21. Orang China lah yang menemukan es cream, dan Marco Polo dikabarkan mengambil resep (berkaitan dengan resep mie) dan dibawa ke Eropa.
  22. Seorang pegawai pemerintah yang bernama Su Song adalah yang pertama kali membuat jam mesin antara tahun 1088 dan 1092. Jam tersebut bisa menunjukkan jam harian dan berdasarkan peredaran bintang, sehingga ramalan bintang dapat ditentukan dengan akurat.
  23. Pada tanggal 27 September 2008 Zhai Zhigang pertama kali melakukan perjalanan ruang angkasa dengan astronot China.
  24. Orang China lah yang pertama kali menemukan kincir air untuk memanfaatkan tenaga air oada tahun 31 M, yaitu 1200 tahun sebelum orang Eropa menemukan kincir air. China juga merupakan negara yang pertama kali menggunakan bajak dari besi. Orang Eropa belum menggunakan alat tersebut sampai pada abad ke-17.
  25. Nama ibukota China berubah setiap abad. Pernah memakai nama Yanjing, Dadu, dan Beiping. Peking atau “Beijing” mempunyai arti “ibukota utara”. Beijing adalah pelafalan pinyin yang resmi diakui berdasarkan dialek Mandarin. Beijing adalah kota terbesar kedua setelah Shanghai.
  26. Sudah menjadi tradisi bagi laki-laki dan perempuan kaum kaya pada akhir masa kekaisaran untuk memanjangkan kuku dari jari yang kecil dengan sangat panjang sebagai tanda tingkat statusnya. Mereka sering memakai pelapis dari emas dan perak untuk melindungi kukunya
  27. Sejak abad ke-4 SM China telah mengebor gas alam dan menggunakannya sebagai sumber panas, dan Barat baru bisa melakukannya setelah 2300 tahun kemudian.
  28. Sejak abad ke-2 SM China telah menemukan bahwa darah beredar ke seluruh tubuh dan jantung yang memompa darah. Di Eropa, sirkulasi darah baru ditemukan pada awal abad ke-17 oleh William Harvey (1578-1657).
  29. China sudah menggunakan sistem desimal pada awal abad ke-14 SM, hampir selang 2300 tahunan sebelum penggunaan sistem tersebut itu pertama kali digunakan dalam matematika Eropa. China juga yang pertama kali menggunakan angka nol.
  30. Panah  pertama kali ditemukan dan digunakan oleh orang China. Mereka juga yang pertama kali menggunakan senjata kimia dan gas, selang 2000 tahunan sebelum gas digunakan di Eropa selama Perang Dunia I.
  31. Three Gorges Dam PLTA yang menampung sungai Yangtze adalah dam terbesar di dunia. Dam tersebut juga yang paling kontroversal di dunia karena bermasalah dengan korupsi, hak asasi manusia, kesulitan masalah teknologi, dan menyebabkan perubahan lingkungan yang dramatis.
  32. Menurut cerita yang populer, teh ditemukan oleh orang China pada masa dinasti Shennong pada tahun 2737 SM, ketika ada daun teh jatuh ke dalam air mendidih. Orang China menganggap teh sebagai bagian dari hidupnya.
  33. Seni perang telah dipraktikkan oleh orang China dan luas berkembang dari pertanian kuno dan metode berburu.
  34. Hari libur yang paling penting di China adalah Tahun Baru China atau Tahun Baru Rembulan. Tradisi orang China percaya bahwa setiap orang bertambah satu tahun lebih tua pada tahun baru, dan oleh karenanya pada hari itu dianggap menjadi hari ulang tahun setiap orang.
  35. Bahasa China diucapkan oleh 92% penduduk China. Setidaknya ada tujuh keluarga besar bahasa China, termasuk Mandarin, Cantonese, Wu, Hakka, Gan, Xiang, dan Min.
  36. Bagi orang China warna merah adalah simbol kebahagiaan dan umum dipakai di festival-festival China dan perayaan-perayaan lainnya seperti hari ulang tahun dan pernikahan.
  37. Menurut China kuno, lotus dipandang sebagai simbol kesucian Buddhis dan Daois. Bunga mawar (Raja Bunga) menyimbulkan mata air, bunga Krisan menyimbulkan panjang umur, dan bunga Narkissos dianggap membawa keberuntungan.
  38. Orang China sudah membuat sutera sejak sekitar tahun 3000 SM. Orang Romawi tahu China sebagai “Serica” yang berarti “Tanah Sutera”. Orang China sangat menjaga rahasia pembuatan sutera, dan orang yang menyelundupkan telur ulat sutera atau kepompong sutera ke luar China akan dijatuhi hukuman mati.
  39. Menurut legenda China, sutera sudah ditemukan pada tahun 3000 SM oleh Nyonya Xi  Ling Sui, istri kaisar Huang Di. Ketika kepompong ulat sutera tiba-tiba jatuh ke dalam teh panasnya, benang yang halus dari kepompong terurai dalam air panas dan kemudian menjadi sutera.
  40. Potongan kertas tertua di dunia ada di China dan bertanggal abad ke-2 atau pertama sebelum Masehi. Kertas sangat bertahan lama, yang terkadang dipakai untuk pakaian dan untuk baju baja yang tipis.
  41. China adalah yang pertama kali menggunakan pijakan kaki pada abad ke-3.
  42. Kebijakan “Satu Anak” China menimbulkan pembunuhan bayi perempuan dan menciptakan ketidakseimbangan gender yang signifikan. Sekarang ada 32 juta lebih anak laki-laki daripada anak perempuan di China. Pada masa depan, sepuluh juta laki-laki tidak akan menemukan pasangannya, dan para sarjana menegaskan bahwa ketidakseimbangan ini menimbulkan ancaman keamanan dunia.
  43. Spesies Homo Erectus, Si Manusia Peking yang pertama kali dikenal, ada di China dan hidup antara 300.000 – 550.000 tahun yang lalu. Dia diketahui telah mengenal bagaimana cara membuat api.
  44. Selama paruh pertama abad ke-20, Shanghai hanyalah pelabuhan di dunia untuk menerima Yahudi yang melarikan diri dari Holocoust tanpa visa masuk.
  45. Matematika China disusun secara bebas dari matematika Yunani dan menjadi perhatian besar sejarawan matematika.
  46. Berasal jauh ke belakang pada tahun 250 SM, lampion China adalah simbol penting panjang umur. Lampion adalah simbol kesejahteraan keluarga, dan keluarga yang lebih kaya akan mempunyai lampion yang sangat besar, yang membutuhkan beberapa orang untuk mengerek ke tempatnya.
  47. Pada masa dinasti Tang, diperkirakan banyak orang-orang yang berpendidikan dan mereka mengatakan selamat tinggal kepada orang lain dengan ayat-ayat puitis yang ditulis pada papan pengumuman.
  48. Pada tahun 1974 kelompok petani menggali sumur di propinsi Shaanxi yang ditemukan banyak potongan-potongan puisi yang sangat tua. Mereka menemukan kuburan Qin (259-21 SM), kaisar pertama yang menyatukan China. Kuburan tersebut berisi ribuan tentara seukuran orang yang masih hidup, kuda, dan kereta tempur yang menakjubkan.
  49. Terusan besar China adalah yang tertua di dunia dan panjangnya 1.114 mil (1795 km) dengan 24 pintu air dan 60 jembatan.
  50. Kelelawar adalah simbol keberuntungan tradisional yang terus dilukiskan untuk desain keramik, tekstil dan desain lainnya.
  51. Sepeda diperkenalkan di China sekitar tahun 1891 oleh dua orang pelancong Amerika yang bernama Allen dan Sachtleben. Sekarang sepeda menjadi alat transportasi utama bagi jutaan orang China. Kekaisaran Qing yang terakhir (Puyi) mengayuh sepeda keliling Kota Terlarang di Beijing. China sekarang menjadi produsen sepeda yang besar.
  52. Pemberontakan petinju antara tahun 1898 dan 1901 di China Utara adalah melawan misionaris Kristen, diplomat asing, dan teknologi dengan kelompok rahasia yang dinamakan “Masyarakat Budiman dan kepalan tangan keharmonisan” (Yihequan atau I-ho-ch’uan), dinamakan demikian karena para anggotanya mempraktikkan seni perang tanpa senjata dan ritual-ritual rahasia. Orang Barat menyebutnya dengan “tinju bayangan” dan anggota “Petinju”.
  53. Suspensi jembatan ditemukan oleh China pada tahun 25 SM, selang 1800 tahun sebelum jembatan dikenal di Barat.
  54. Wanita pertama Amerika yang memenangkan Hadian Nobel adalah Pearl S. Buck (1892-1973) atas novelnya tentang China, khususnya yang berjudul The Good Earth (1931). Ami Tan (1952-) adalah penulis berdarah China-Amerika, dengan bukunya berjudul The Joy Luck Club
  55. Istilah China untuk peradaban (wen) dilafalkan sama seperti kata untuk naskah, pola, atau kaligrafi. Kenyataannya, kaligrafi adalah ide untuk mengekspresikan pesan moral seseorang dan olah spiritual diri sebagai model “cetak hati”.
  56. Ikan karpu adalah simbol kekuatan dan keuletan. Sisik dan sungut ikan tersebut membuatnya mirip seekor naga, sebuah simbol kekuatan terbesar di China. Ikan pada umumnya berperan luas dalam kebudayaan China dan istilah “ikan” dan “kelimpahan” diucapkan sama dalam bahasa China (yu).
  57. Di China, “rambut kucir” itu menandakan status perkawinan perempuan. Seorang wanita akan memakai 2 kucir, dan ketika dia menikah, dia hanya akan memakai satu kucir. Hal ini mungkin ikut menyumbangkan pandangan Barat bahwa kucir itu menandakan gadis kanak-kanak dan gadis muda.
  58. Pada masa China kuno, cermin dipercaya bisa melindungi pemiliknya dari kejahatan, menjadikan ruh-ruh gaib menjadi nampak dan bisa mengungkap rahasia-rahasia masa depan. Seseorang yang ketakutan karena hantu akan diobati dengan bercermin di kaca. Kaca cermin sering digantungkan di langit-langit ruang kuburan.
  59. Sungai terpanjang di China adalah sungai Yangtze (Changjian) sejauh 3494 mil dan sungai Kuning (Huanghe) sepanjang 2903 mil.
  60. Orang China mengembangkan teori tiga tingkat: surga, Surga, Bumi, dan Manusia, yang memberikan pengaruh pada lukisan pemandangan alam dan susunan bunga.
  61. Kuda kemungkinan besar berasal dari Asia Tengah dan menjadi sangat penting di China. Seekor kuda menyimbulkan simbol kejantanan, yang, yang berhubungan dengan elemen api. Seseorang yang lahir pada tahun baru kuda dianggap menyenangkan, merdeka, cerdas, banyak bicara, cepat marah, dan mampu memanajemen uang.
  62. Karena jangkrik mempunyai usia hidup yang paling lama dari semua hewan insek (lebih dari 17 tahun), dan dapat berganti kulit, maka jangkrik dijadikan simbol regenerasi dan kelahiran kembali bagi orang China. Pada masa China kuno, orang China akan menempatkan batu permata jangkrik di mulut orang yang mati karena mereka yakin kalau batu jangkrik tersebut akan memperlambat proses pembusukan mayat dan akan mempercepat kelahiran kembali ke dunia lainnya.
  63. Pergundikan telah dipraktikkan dalam sejarah China, terutama oleh orang kaya yang akan membuka praktik tersebut. Para kaisar China mempunyai banyak harem dengan ratusan gundik.
  64. Burung Phoenix adalah burung paling penting dalam legenda China dan melambangkan kekuatan kaisar wanita. Burung bangau yang anggun adalah simbol panjang umur, yang merupakan burung terpenting kedua dalam legenda China. Bebek juga merupakan simbol penting dan melambangkan kebahagiaan dan ikatan perkawinan.
  65. Revolusi Kebudayaan (Revolusi Besar Kebudayaan Proletariat) dari tahun 1966-1976 telah menimbulkan banyak kelaparan, kematian, dan erosi beribu-ribu area pertanian.
  66. Kalau naga secara khusus dipandang sebagai makhluk kejahatan dalam budaya Barat, menduduki tempat pertama diantara empat makhluk terbesar dalam mitologi China, termasuk burung phoenix, macan, dan kura-kura darat, yang semuanya secara khusus berhubungan dengan kekaisaran.
  67. Gunung tertinggi di dunia (29.028 kaki) diberi nama dengan nama untuk penghormatan kepada Tuan George Everest yang pertama kali menjadi pengukur tanah India. Orang China menyebutnya Mount Everest Qomolangma, yang berarti “Dewa-dewa ibu Bumi.
  68. Bendera nasional China pertama kali digunakan pada bulan September 1949 dan pertama kali berkibar di Lapangan Tiananmen (tempat berkumpul orang terbesar di dunia) pada tanggal 1 Oktober 1949, hari dimana Republik Rakyat China dibentuk. Warna merah pada bendera menyimbulkan revolusi. Bintang besar menyimbulkan komunisme dan bintang-bintang kecil menyimbulkan rakyat China. Posisi bintang-bintang melambangkan kesatuan rakyat China di bawah kepemimpinan Partai Komunis.
  69. China mempunyai kalender tertua di dunia. Kalender bulan ini berasal dari tahun 2600 SM dan mempunyai 12 simbol zodiak, yang butuh waktu 60 tahun untuk penyempurnaan.
  70. Jumlah cacat kelahiran di China terus bertambah. Ahli lingkungan dan pegawai pemerintah menyalahkan hal tersebut adalah akibat polusi yang berat di China.
  71. Konsumsi jamur dilaporkan oleh dokumen sejarah China sudah ada lebih dari 3000 tahun yang lalu. Pada tahun 1996 China memproduksi 600.000 ton jamur, dan menjadi produsen besar jamur di dunia, serta mempunyai 60% vaietas jamur dunia.
  72. Pada tahun 2007, makanan dari daging anjing dan pasta gigi yang diproduksi China ditarik kembali karena mengandung bahan-bahan yang beracun. Pada bulan Juli, kepala adminstrasi makanan dan minuman China menerima suap dari perusahaan-perusahaan farmasi. Dia kemudian dihukum mati.
  73. Aktor-aktor China yang terkenal adalah keturunan China dan China-Amerika termasuk Jackie Chan (Hongkong), Chow Yun Fat (Hongkong), Bruce Lee (San Fransisco), Jet Li (Beijing), Zhang Ziyi (Beijing), dan Lucy Lui (New York).
  74. Olimpiade tahun 2008 di Beijing adalah olimpiade termahal dalam sejarah. Kalau pada tahun 2004 Olimpiade Yunani diperkirakan menghabiskan dana sekitar $15 milliar, olimpiade Beijing menghabiskan dana sebesar $40 milliar.

Sumber :

  1. http://facts.randomhistory.com/2009/05/04_china.html

Okey, Semoga Bermanfaat😀

Wassalamualaikum Wr.Wb

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s