Catatan Reyvanologi 2013 : Tegar

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Kita berlanjut ke catatan yang ke 13. Catatan kali ini adalah tentang seorang penyanyi yang awal mulanya sebagai pengamen jalanan yang hanya meraup recehan demi keluarganya. Namun sekarang dia muncul di televisi dan di berbagai acara. Badannya kecil tapi suaranya beeeh renyah banget gak pitchy. Dialah Tegar, Pengamen Cilik yang tenar. Mau tahu ulasan dari Tegar. So, Check it out…….. Yeaaaah

Aku yang dulu bukanlah yang sekarang, dulu ditendang sekarang ku disayang. dulu-dulu-dulu ku menderita, sekarang aku bahagia.” Ceileh petikan lagunya menggambarkan kehidupannya dari yang dulu hingga sekarang.

Tegar Septian atau disapa Tegar (lahir di Subang, Indonesia, 18 September 2001; umur 12 tahun) merupakan seorang penyanyiberkebangsaan Indonesia.

Masyarakat banyak yang terpesona dengan lagu dan suara khas Tegar yang mendayu-dayu sebagai ciri suara yang memang disukai mayoritas warga Indonesia.

Orangtua Tegar, Ratna dan Hariz berpisah pada 2003 ketika usia Tegar baru menginjak dua tahun. Hariz berusia 17 tahun di awal perkahwinannya. Tegar bersekolah di SD (Sekolah Dasar atau bersamaan Sekolah Rendah di Malaysia) hingga tahap 2 di Sekolah Dasar Pengaden III. Sejak itu, Tegar terpaksa berhenti sekolah dan mengamen sepenuh masa dengan ukulelenya. Perkara yang telah Tegar lakukan sejak usianya 5 atau 6 tahun.

Setelah mendapat penghasilan yang besar dari hasil menyanyi, ia punya niatan kembali meneruskan sekolahnya yang lama ditinggalkannya.

== Perjalanan Bakasan. Seusai mengamen, Tegar berlabuh pada sebuah rumah petak berukuran sekitar 4×6 meter. Di rumah itu,Tegar hidup bersama kedua orang tua dan tiga orang adiknya yang masih kecil-kecil. Ibunya adalah seorang pengamen di kereta api di kawasan Stasiun Pegaden, sedangkan bapak tirinya hanyalah seorang buruh lepas. Hidup dengan serba keterbatasan, Tegar tetap komitmen dalam menyanyi dan menari. Semua dia pelajari secara autodidak. ”Saya sudah belajar menyanyi dari usia empat tahun,”kata Tegar yang mulai menjadi pengamen pada usia tujuh tahun itu.

Tegar tidak tahu seperti apa tangga nada, atau bahkan notasi yang biasa dia nyanyikan. Tapi, insting seni dalam menyanyi dan bermain musik membuat dia mampu bernyanyi. Menurut Tegar, bakatnya dalam menyanyi bisa jadi diturunkan dari sang ibu yang juga pengamen serta dari nenek yang tak lain mantan sinden pada zamannya dulu. ”Ibu saya dulu seorang penyanyi. Mungkin bakat itu turun dari ibu saya,” ucapnya. Meski begitu,Tegar mengaku sangat jarang diajari menyanyi oleh ibunya.Tapi bagi dia, warisant Tegar ==

Tegar hanyalah pengamen cilik yang hidup serba kekurangan. Keluarganya yang sedianya mendukung semua cita-cita Tegar, terhalang kondisi ekonomi yang cenderung pas-pa seni yang tertanam dalam diri sangatlah cukup untuk bekal kelak. Buktinya pada usianya yang belum mencapai 11 tahun,Tegar telah menciptakan beberapa lagu.

Satu buah lagu di antaranya berjudul “Temanku Ini Mabok Cinta”, sebuah lagu yang agak berbau dewasa, namun cukup friendly untuk seukuran pengamen jalanan di Subang. Lagu ini juga yang membuat Tegar cukup dikenal masyarakat Indonesia. Penampilannya yang di-upload di Youtube dengan keynote ”Tegar Si Pengamen Subang” telah disaksikan lebih dari 13.000 viewer pada akhir pekan kemarin. Rekor tertinggi terjadi pada minggu lalu, dari 8.000 viewer melonjak menjadi 13.000 dalam waktu sekitar empat hari. Alfas Hermansyah, lelaki yang pertama kali mengikutkan Tegar pada kompetisi XL, optimistis atas masa depan bocah cilik ini. Suaranya yang merdu dan kemampuannya membuat lagu menjadi modal penting bagi dia meniti masa depan. ”Hidup di jalanan dari usia tujuh sampai 11 tahun cukup membuat dia memiliki mental kuat,” ungkap dia. Saat ini, Alfas sedang berusaha membuat album kompilasi yang berisi lagulagu ciptaan Tegar dan lagu publik tanpa hak paten. Album tersebut akan dikomersialkan untuk keperluan pendidikan Tegar dan menopang ekonomi keluarganya.

Setelah kemunculan video di youtube, akhirnya ada pihak yang mengangkat tegar dan sekarang, tegar yang dulu seorang pengamen bisa menjadi seorang artis terkenal. Siapa yang menyangka, kehadirannya di ranah hiburan indonesia akan sedemikian bersinar. Artis papan atas pun juga sudah yang banyak berduet dengan tegar. Beberapa waktu yang lalu, tegar sempat duet dengan NOAH, Setia band, delima dsb. Inilah kisah perjalanan hidup seorang yang bukan siapa-siapa menjadi orang terkenal dan sekarang menjadi siapa?. Sekali lagi, Orang terkenal atau artis yang lahir dari youtube. Meskipun terkenal karena video di youtube, Tegar bukanlah artis youtube yang hanya terkenal sesaat karena tegar memang memiliki nilai jual yang tinggi. Mungkin ini akan berbeda dengan orang terkenal karena youtube sebelumnya. Tegar memang memiliki bakat seni dan memang siap untuk bertarung di ranah hiburan tanah air.

Single

  • Aku Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang (2013)
  • Rindu Ibu (2013)

Sekian, Semoga Bermanfaat😀

Wassalamualaikum Wr.Wb

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s