Catatan Reyvanologi 2013 : Harlem Shake

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, kita berlanjut ke catatan nomor 10. Pernah mendengar kata ini “Con Los Teroristas”. Kalau pernah mendengar kata tersebut, pasti kalian semua telah mengetahui. Iya, Harlem Shake. Ciri Khas Harlem Shake disini yaitu goyangan yang aneh-aneh. Dan Sekarang menjadi catatan Reyvanologi yang sangat WOW di tahun 2013. Kalau 2011, Shuffle Dance. 2010, Waka-Waka. 2012 kemarin Gangnam Style. Lengkap deh semuanya. Oke, langsung aja nih ulasan tentang Harlem Shake yang mendunia ini.

Harlem Shake adalah sebuah meme Internet yang popularitasnya meledak di YouTube pada bulan Februari 2013. Meme ini muncul dalam bentuk video yang dibuat ulang terus-menerus dengan konsep yang sama.

Bentuk seni meme ini tampak dalam sebuah video yang diunggah tanggal 2 Februari oleh The Sunny Coast Skate, geng lima remaja asal Queensland, Australia. Video para remaja tersebut merupakan tanggapan untuk video buatan Filthy Frank, seorangvlogger komedi YouTube. Video tersebut menampilkan beberapa sosok berkostum menari diiringi lagu “Harlem Shake” karya Baauer.

Video ini berdurasi 31 detik dan disertai potongan lagu “Harlem Shake” karya musisi elektronik Baauer. Biasanya, video Harlem Shake dimulai dengan satu orang (memakai helm atau topeng) menari sendiri diiringi lagu selama 15 detik, dikelilingi orang-orang yang tidak peduli dengan si penari. Setelah bassnya drop, adegan video berubah menjadi kerumunan orang yang menari tidak jelas selama 15 detik. Gaya menari ini tidak sama dengan tarian Harlem Shake yang asli. Selain itu, di paruh kedua video, biasanya para penari setengah telanjang atau memakai kostum aneh sambil memainkan suatu benda.

Sejumlah komentator membanding-bandingkan Harlem Shake dengan “Gangnam Style”. Majalah bisnis Forbes menjelaskan bahwa tidak seperti “Gangnam Style” dan hits terkenal lainnya tahun 2012, Harlem Shake cenderung dikelompokkan sebagai meme karena tarian di setiap video tidak seragam. 

Martin Talbot, Direktur Pelaksana The Official Charts Company di Britania Raya, menyebut “Harlem Shake” sebagai suatu “fenomena” dan “video masyarakat” pertama yang melejitkan popularitas sebuah lagu. Layaknya “Gangnam Style”, sebelumnya selalu ada video awal buatan seorang seniman yang akan memulai musim tarian dan langsung diadopsi para penggemarnya.

Majalah The Atlantic menyatakan “meme ini sudah tewas” setelah program televisi Today menyiarkan Harlem Shake versi mereka sendiri pada tanggal 13 Februari.

The Los Angeles Times menyebutkan alasan mengapa mereka pikir meme ini hampir mencapai puncaknya, beberapa di antaranya adalah pergeseran makna sejati meme, adopsi oleh sebaran usia yang beragam (termasuk lansia), versi korporat yang sudah dikoreografi oleh agen iklan dan departemen pemasaran, kebosanan para penari di video, dan perpindahan dari formula aslinya (seperti pemakaian beberapa sudut kamera dan efek visual).

Ada faktanya nih….

Fakta mengenai Harlem Shake:
1. Diciptakan pertama kali pada tahun 1981 oleh orang bernama “Al B” (baca: albee), seorang warga di pemukiman Harlem, New York.
2. Pepatah yang pernah diucapkan Al B (albee) mengenai tarian ini, “a drunken shake anyway, it’s an alcoholic shake, but it’s fantastic, everybody appreciates it.” (Sebuah goyangan mabuk, sebuah goyangan alkoholik, namun fantastis, setiap orang menghargainya.)
3. Al B (albee) menceritakan bahwa tarian ini berasal dari Mesir kuno, dan mendeskripsikan apa yang para mumi lakukan karena tubuh mereka terbungkus kain kafan yang melilit mereka. Karena mereka tidak bisa bergerak bebas, maka mereka bergoyang (shake).
4. Baru-baru ini ada tren dalam bentuk internet meme berkenaan dengan tarian tersebut, yakni sebuah pertunjukan video sepanjang 30-32 detik yang menayangkan Harlem Shake dalam kesan yang jenaka atau komedi dan video ini bersifat viral, sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk membuat video yang serupa di Youtube demi mendapatkan hit sebanyak mungkin.
5. Tren video Harlem Shake via internet meme ini terjadi karena sebuah lagu yang diciptakan seorang DJ bernama Harrison Bauer Rodrigues (lahir 30 April 1989) dan memiliki nama panggung DJ Baauer.
6. Lagu tersebut terbagi: 15 detik pertama untuk musik yang mengiringi seorang dengan topeng atau helm yang menari sendirian di tengah kerumunan orang yang tidak menyadari keberadaannya, sampai bunyi bass menurun; kemudian 15 detik berikutnya seluruh kerumunan orang tiba-tiba menari secara acak (shaking) dengan dandanan & cara berpakaian yang kacau, minim dan “gila” seperti orang yang kerasukan atau mabuk (trance). Dan di detik terakhir ditutup dengan suara geraman singa.
Kesimpulan:
Selalu ada orang yang tidak diketahui identitasnya dengan menggunakan topeng atau helm yang menari di awal, saya menyebutnya sebagai man without soul (manusia tanpa jiwa) atau lebih jauh lagi itu sebagai kehadiran roh (jahat) yang tak dikenal. Roh tersebut mendekat dan hinggap pada kerumunan manusia yang sedang jenuh dan tidak berjaga-jaga, mereka tidak menyadari kehadiran roh jahat tersebut. Karena tidak berjaga-jaga, diceritakan maka manusia tersebut seperti kerasukan dan bertingkah aneh-aneh, atau lebih dikenal dengan istilah bermanifestasi.
Jadi tarian ini adalah ekspresi jiwa yang kosong atau lelah dan seperti hendak berkata, “Ayo datang, ayo masuk, rasuklah kami, ini jiwa kami, rasuklah!” Dan terus seperti itu. Memang kelihatan fun, lucu dan kreatif, namun ini tetap BUKAN tanpa maksud. Ingat yang dikatakan oleh penciptanya tadi, bahwa ini tarian datang dari perasaan mabuk, alkoholik dan tidak ada kendali serta kesadaran yang normal, persis seperti orang yang trance atau bahkan kerasukan. Tidakkah geraman singa itu menegaskan adanya pemangsaan Iblis yang sedang terjadi?
Seperti itu guys faktanya..
Sekian, Semoga Bermanfaat😀
Wassalamualaikum Wr.Wb
By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s