Sejarah Paskah

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Hari ini adalah hari Paskah bagi umat kristiani. Tetapi anda tahu apa tidak Sejarah Paskah..? So, Baca aja dibawah ini.

Paskah (bahasa LatinPáscha, bahasa Yunani: Πάσχα, Paskhabahasa Aram: פַּסחא‎Pasḥa; dari bahasa Ibraniפֶּסַח Pesaḥ) adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgigerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai “anak domba Paskah”; jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan, dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu PaskahHari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Paskah juga merujuk pada masa di dalam kalender gereja yang disebut masa Paskah, yaitu masa yang dirayakan dulu selama empat puluh hari sejak Minggu Paskah (puncak dari Pekan Suci) hingga hari Kenaikan Yesus namun sekarang masa tersebut diperpanjang hingga lima puluh hari, yaitu sampai dengan hari Pentakosta (yang artinya “hari kelima puluh” – hari ke-50 setelah Paskah, terjadi peristiwa turunnya Roh Kudus). Minggu pertama di dalam masa Paskah dinamakan Oktaf Paskah oleh Gereja Katolik Roma. Hari Paskah juga mengakhiri perayaan Pra-Paskah yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Kamis Putih, yaitu masa-masa berdoa, penyesalan, dan persiapan berkabung.

Paskah merupakan salah satu hari raya yang berubah-ubah tanggalnya (dalam kekristenan disebut dengan perayaan yang berpindah) karena disesuaikan dengan hari tertentu (dalam hal ini hari Minggu), bukan tanggal tertentu di dalam kalender sipil. Hari raya-hari raya Kristen lainnya tanggalnya disesuaikan dengan hari Paskah tersebut dengan menggunakan sebuah formula kompleks. Paskah biasanya dirayakan antara akhir bulan Maret hingga akhir bulan April (kekristenan ritus Barat) atau awal bulan April hingga awal bulan Mei (kekristenan ritus Timur) setiap tahunnya, tergantung kepada siklus bulan. Setelah ratusan tahun gereja-gereja tidak mencapai suatu kesepakatan, saat ini semua gereja telah menerima perhitungan Gereja Aleksandria (sekarang disebut Gereja Koptik) yang menentukan bahwa hari Paskah jatuh pada hari Minggu pertama setelah Bulan Purnama Paskah, yaitu bulan purnama pertama yang hari keempat belasnya (“bulan purnama” gerejawi) jatuh pada atau setelah 21 Maret (titik Musim Semi Matahari/vernal equinox gerejawi)

Minggu Paskah bukan perayaan yang sama (namun masih berhubungan) dengan Paskah Yahudi (bahasa Ibraniפסח atau Pesakh]) dalam hal simbolisme dan juga penanggalannya. Bahasa Indonesia tidak memiliki istilah yang berbeda untuk PaskahPesakh (Yahudi) dan Paskah Paskha (Kristen) sebagaimana beberapa bahasa Eropa yang mempunyai dua istilah yang berbeda, oleh sebab itu kata Paskah dapat memiliki dua arti yang berbeda di dalam bahasa Indonesia.

Banyak elemen budaya, termasuk kelinci Paskahtelur Paskah, dan mengirim kartu Paskah telah menjadi bagian dari perayaan Paskah modern, dan elemen-elemen tersebut biasa dirayakan oleh umat Kristen maupun non-Kristen.

Semoga Bermanfaat…Walaupun hanya sedikit saja petiikannya…

Wassalamualaikum Wr.Wb

Yup anda tentu mengenal nama Super Junior,Bigbang,Shinee,atau 2NE1 ….yah itu adalah sebagian nama-nama boyband asal Korea Selatan yang mungkin bagi kaum hawa tentu tidak asing lagi dengan nama-nama diatas karena sebagian besar (hampir 95%) para remaja perempuan pasti tergila-gila dan ngefans berat dengan mereka. Virus kpop kini sedang menyerang indonesia, gak cuma yang muda yg terkena virus tersebut namun anak kecil pun menjadi korbannya. Apa sih gejala-gejala terkena virus kpop?? Mau tau baca aja dibawah ini.

1. Suka teriak teriak sendiri saat ngeliat foto terbaru artis k-pop
orang yg terkena virus kpop sering bgt nih teriak-teriak gaje klw udh liat foto-foto terbaru artis kpop apalagi biasanya gak cuma itu mereka juga sering jadiin picprofil.

2.Tangan dan kakinya otomatis ikut bergoyang klw udh denger lagu kpop 
udah tau sendiri kan lw lagu-lagu kpop kebanyakan lagunya ngebeat dan pasti udah ada dance khasnya, nah penderita virus kpop nih lw udh denger lagu kpop rasanya tangan dan badan ini refleks untuk bergoyang ngikutin irama lagu.

3. Ingin tahu gosip gosip terbaru k-pop
sebagai kpop lover tentunya mereka pengen tahu dong berita-berita tentang seleb kpop. Salah satu cara untuk tahu gosip yg lagi panas-panasnya di korea sana adalah lewat internet. Biasanya selalu ada situs di internet yg update bgt ttg dunia kpop, mau dalam bahasa indonesia, inggris, thailad, prancis, atau yg lainya semua ada.

4. Menjadikan lagu favorit k-pop sebagai ringtone / nada sambung pribadi
supaya nada sambung kita gak tut tut tutan terus para kpop lover juga sering menjadikan lagu favorit kpop mereka sebagai ringtone maupun nada sambung. Hal itu bisa dijadikan salah satu cara untuk menyebarkan virus kpop kepada orang-orang disekitarnya.

5. Tahu ungkapan ungkapan dalam bahasa korea
sering denger lagu-lagu kpop pastinya udah gak asing lagi sama kosakata dalam bahasa korea misalanya aja saranghae, oppa, kamshahamnida, anyeonghaseyo. Ternyata ada manfaatnya kita suka kpop, kita otomatis bisa tahu kosakata bahasa korea lumayan kan buat nambah wawasan.

6. Mengoleksi segala hal tentang atribut – atributnya melalui online shop atau hingga pergi ke korea
untuk menunjukan bahwa para kpop lover adalah fans mereka otomatis mereka ingin mengoleksi semua tentang idola mereka. Mau itu lightstick, banner, cd, dll. Gak jarang para kpop lover memburu atribut tersebut hingga pergi ke korea langsung.

7. Nggak bisa tidur sebelum melihat poster artis k-pop yang dipajang di dinding kamar
kebiasaan unik yg dimiliki para kpop lover sebelum tidur, yup gak bisa tidur sebelum melotototin poster-poster artis kpop yg ada dikamar.

8. Dengerin lagu-lagu kpop sebelum tidur
selain liatin poster sebelum tidur, dengein lagu-lagu kpop sebelum tidurpun menjadi ritual yg wajib dilaksanakan.

9. Menjadikan foto idola k-pop di desktop background komputer
saking cintanya sama kpop nih sampe-sampe kpop lover menjadikan fhoto idola kpop mereka didesktop background komputer.

10.Rela berjam jam menghafalkan lirik lagu terbaru k-pop
percuma dong lw kita suka lagu-lagu kpop tapi gak hafal sama liriknya. Nah para kpop lover rela deh berjam-jam ngapalin lirik lagu supaya bisa ikutan nyanyi-nyanyi.

11. Rela merogoh kantong untuk biaya download lagu lagu terbaru k-pop di warnet
para kpop lover pasti pengen punya lagu-lagu terbaru idola mereka dong, nah supaya gak ketinggalan jaman mereka rela merogoh kantong buat biaya download lagu di warnet.

12. Bad mood ketika mendengar group k-pop kesayangannya mengalami perpecahan atau masalah
mood para kpop lover bisa turun lw udah denger group kpop kesayangan mereka mengalami perpecahan atau masalah. Contohnya aja nih para cassiopeia yg sedih berkepanjangan karena boyband kesayangan DBSK mengalami masalah sehingga 3 personil DBSK menyatakan keluar. Ya memang sedih lw udh denger idola kita ngalamin masalah mungkin itu terjadi karena para kpop lover sayang dan cinta sama mereka. (ini kalau udah kronis virusnya )

13. Membeli semua majalah yang memuat artikel artis idola
para kpop lover gak mau ketinggalan nih buat beli majalah yg ada artis idola kita, apapun rintangannya mereka selalu ingin mendapatkannya meskipun itu mahal, sulit dicari atau apapun lah.

14. Nangis darah lw liat bias kita ciuman sama org lain
siapa sih yg rela lw bias kita ciuman sama orang lain??? Pasti kita nangis darah ngeliatnya, rasanya hati ini sakittt. Contohnya waktu liat minho shinee ciuman untuk film pianist. Liat berita itu langsung geleng-geleng kepala, dada tiba-tiba sesak dan langsung teriak andwaeeeeeeeeeeee. (emang lu siapanya dia )

15. Selalu ngayal suatu saat dapat ke korea
salah satu impian kpop lover yaitu go to korea, ya karena itu para kpop lover selalu ngayal suatu saat bisa pergi ke korea, bisa berada di bandara incheon, lihat sungai han, liat kemegahan kota seoul dimalam hari, dan yg gak boleh ketinggalan adalah nonton acara musik korea secara live seperti mubank, music core dll biar bisa ketemu sama idola mereka.

16. Tulis – tulisan gak jelas di tangan, meja, buku, apapun lah
tulis-tulisan gaje merupakan kebiasaan orang saat gak ada kerjaan. Saat gak ada kerjaan orang-orang biasanya menumpahkan ide kreatifnya melalui tulisan mau nulis dikertas, ditangan, atau ditembok sekalipun it’s okay.

17. Selalu beli barang – barang yang berhubungan dengan korea
saking cintanya mereka sama kpop rasa cinta itu merambah sehingga mereka mencintai produk-produk korea mau itu makanan, sepatu, jam ataupun baju. Mungkin para kpop lover ingin sama dgn idola mereka sehingga membeli barang-barang yg berhubungan dgn korea.

18. Mendukung acara yang mengenalkan korea kepada masyarakat
mendukung acara yg berbau korea adalah salah satu cara mereka mencintai kpop. Sekarang aja udah banyak festival korea, contohnya aja oktober kemaren ada acara korea indonesia week yg salah satu dari rangkaian acaranya adalah kiif.

19. Ikut gathering – gathering
gathering merupakan salah satu cara mempererat tali silaturahmi sesama kpop lover. Selain itu mereka juga bisa sharing tentang idola mereka.

20. Berjanji akan selalu mencintai group kpop kesayangan
ikrar untuk selalu mencintai group kpop kesayangan telah terucap dari mulut kpop lover. Apapun yg terjadi mereka akan selalu mencintainya. Apapun.

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s