Pengucapan Amin Yang Betul

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman,ringkasan selengkapnya

Kadang saya prihatin juga ketika mendengar seseorang mengucap amin dalam doanya. Kata amin yang diucapkannya yaitu amiin, padahal ketika berdoa pengucapan kata amin yang benar itu yakni ‘aamiin’ alifnya dipanjangkan demikian juga dengan miin-nya ikut dipanjangkan.
Lalu dimana letak kesalahannya?? ternyata jika pengucapannya salah maka lain juga artinya.
”amin” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya aman dan tentram
“aamin” (alif panjang & mim pendek), artinya meminta perlindungan
”amiin” (alif pendek & mim panjang), artinya jujur dan dapat dipercaya
“aamiin” (alif & mim sama-sama panjang), artinya Ya Tuhan, Kabulkanlah
jadi sudah jelaskan, pengucapan kata amin yang benar ketika berdoa adalah aamiin. Adapun cara yang paling baik untuk mengucapkannya ialah suara “A” harus dibaca panjang dan suara “Min” pun harus di baca Panjang,misalnya ” AaMiiN”.
Maka jika Anda mengucapkan dan Menulis AMIIN, maka artinya bukan mohon do’a supaya di terima, tapi melainkan Anda malahan Bilang,” Percaya,Percaya.” Apalagi kalau dalam tulisan yang menulis AAAAMMMMMIIIIIIIIINNNN itu Anda artikan sendiri apa artinya karena saya juga tidak mengetahui artinya.
Dalam bahasa Arab, Kalimah Aamiin termasuk Isim fill Amr yaitu isim yang mengandung pekerjaan. Para Ulama Jumhur mengartikannya dengan ‘Allahummas istajib’ (Ya Allah ijabahlah) Makna inilah yang paling kuat dibanding makna yang lainnya. Seperti ucapan ‘Aamiin adalah salah satu nama dari Asma Allah.
Makna aamiin adalah dengan memanjangkan ‘A’ (alif) dan memanjangkan ‘mim’. Apabila tidak demikian maka akan menimbulkan arti lain.!!
itulah gunanya bisa berbahasa arab yg benar karena kitab suci AL’QURAN berbahasa arab moga bermamfaat buat saudara saudari semua klo ada salah kata saya banyak-2 minta maaf salam ukhuwah fillah…
Ada satu hal lagi berkaitan dengan kata amin, yaitu penulisannya menjadi amien. Ternyata ini juga lain arti dan maknanya. Sebisa mungkin untuk yang satu ini (Amien) dihindari, karena Ucapan “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme) setelah doa ini sesungguhnya berasal dari nama seorang Dewa Matahari Mesir Kuno: Amin-Ra (atau orang Barat menyebutnya Amun-Ra)
Berhati-hatilah dalam pengucapan bahasa arab, ucapkan dengan benar dan pelafalan yang sesuai. Sebagai contoh kecil terkadang orang menyingkat kata assalamu alaikum menjadi ass, padahal tahukah anda apa artinya? silakan cari dalam kamus bahasa Inggris. Dengan demikian anda bisa membuktikannya sendiri.

Semoga Bermanfaat…

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s