Kumpulan Tahukah Anda Bulan Januari versi Wikipedia Part 1

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Wikipedia telah meluncurkan artikel yang sekarang telah dimuat di Halaman utama Wikipedia. Nah, artikel apa yang dimaksud ? Namanya Artikel “Tahukah Anda” yang berisi tentang pengetahuan yang belum kita tahu. Reyvanologi akan berbagi untuk Anda. So, inilah Kumpulan Tahukah Anda Bulan Januari ini versi Wikipedia per harinya. Yang titik-titik itu artinya Tahukah Anda. Check it our.

“… bahwa sayuran bit mengingatkan para juru masak akan binatang yang berdarah ketika disembelih? Nama bit yang diberikan kepada sayuran ini berasal dari kata bahasa Perancis bête yang berarti binatang liar.”
“… bahwa lebih dari setengah janji atau resolusi Tahun Baru sudah dilupakan atau ditinggalkan orang sebelum akhir Juni tahun yang sama?”
“… bahwa Januari berasal dari nama dewa Romawi Yanus yang bermuka dua? Muka yang satu menghadap ke tahun yang lama dan muka kedua menghadap ke tahun yang baru.”
“… bahwa kebiasaan menggunakan bayi untuk menandai tahun yang baru dimulai di Yunani sekitar tahun 600 SM? Tradisi ini didasarkan pada perayaan untuk dewa anggur, Dionisos, yang dirayakan kelahirannya kembali untuk mengharapkan kesuburan di tahun yang baru.”

“… bahwa Karim Benzema dideskripsikan sebagai seorang “penyerang bertalenta hebat” yang “tangguh dan mengagumkan” dan “seorang penuntas serangan yang efektif di kotak penalti.”
“… bahwa melalui Syair Singapura Terbakar yang menceritakan peristiwa aktual tentang kebakaran dahsyat di Singapura pada 1830, Abdullah bin Abdulkadir Munsyi disebut wartawan Melayu pertama?”
“… bahwa Perang Dayak Desa dilatarbelakangi oleh kesewenang-wenangan pihak Jepang dan penangkapan tokoh-tokoh kerajaan di Kalimantan Barat dalam Peristiwa Mandor.”
“… bahwa Jalak suren termasuk burung yang perkembangbiakannya sulit?”

“… bahwa hembusan ikan paus menghasilkan bau yang sangat kuat? Baunya seperti campuran ikan busuk dan minyak basi. Karena itu, para pelaut dulu percaya bahwa hembusan paus dapat menyebabkan kerusakan otak pada manusia!”
“… bahwa Irving Berlin hanya dapat bermain musik dengan satu kunci, yaitu kunci F kruis? Sebagai salah satu pengarang lagu terkemuka Amerika Serikat, Berlin belajar sendiri bermain piano di bar tempat ia bekerja sebagai pelayan.”
“… bahwa di puncak gunung api Mauna Kea yang tidak aktif di pulau Hawaii terdapat observatorium astronomi terbesar di dunia dengan teleskop yang dioperasikan oleh para astronomi dari 11 negara?”
“… bahwa sebelum karet penghapus ditemukan, orang menggunakan potongan-potongan roti untuk menghapus tulisan pensil?”

“… bahwa Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia pada 1867 dengan harga $7.200.000 atau sekitar 2 sen untuk setiap 4.046,86 m²?”
“… bahwa Hernando Cortez, sang conquistador Spanyol memperkenalkan minuman cokelat di Spanyol pada 1529 dan sejak itu cokelat menjadi minuman keluarga raja?”
“… bahwa Barcelona, menjadi klub pertama di dunia yang berhasil meraih 6 gelar berturut-turut di ajang yang berbeda-beda? Barcelona meraih gelar La Liga, Copa Del Rey, Liga Champion, Super Copa Espana, Super Eropa dan yang terakhir Piala Dunia Klub 2009?”

“… bahwa William Henry Harrison adalah presiden AS pertama yang meninggal dalam jabatannya? Dengan masa jabatan yang hanya 32 hari, Harrison juga memegang rekor sebagai presiden yang paling singkat berkuasa di AS.”
“… bahwa ensiklopedia pertama muncul di masa Yunani Kuno?”
“… bahwa rata-rata orang Amerika menggunakan air sebanyak 39,37 liter untuk mandi, selama 10,4 menit, dengan panas rata-rata 40,56 celsius?”
“… bahwa Simen Agdestein, Grandmaster catur dari Norwegia, pernah mewakili negaranya dalam tim sepak bolanya? Ia sendiri pernah empat kali ikut serta dalam kejuaraan sepak bola Norwegia, yang pertama ketika ia berusia 15 tahun.”

“… bahwa Dewan Pariwisata Singapura menciptakan becak dengan tenaga aki untuk melayani para wisatawan? Becak-becak ini dilengkapi dengan rekaman yang memberikan panduan kepada penumpang dalam bahasa Inggris, Jerman, Hokkian, Jepang, Korea dan Mandarin.
“… bahwa dalam waktu satu jam setelah menggunakan kokain, risiko serangan jantung si pemakai akan meningkat 24 kali lipat?”
“… bahwa para pejabat perusahaan finansial Amerika Serikat lebih menyukai Lexus sebagai mobil mewah mereka, lebih daripada Mercedes-Benz atau BMW?
“… bahwa Whitcomb L. Judson adalah penemu ritsleting yang kemudian disempurnakan oleh Gideon Sundback, seorang insinyur kelahiran Swedia, pada 1913?”

“… bahwa pada masa penjajahan Belanda, terdapat 2 orang aktivis Jawa di Suriname yang paling menonjol? Mereka adalah Salikin Mardi Hardjo dan Iding Soemita. Meskipun sama-sama memperjuangkan hak-hak suku Jawa di Suriname, mereka menempuh jalan politik yang berbeda. Bila Salikin Hardjo lebih memperjuangkan perbaikan kondisi kehidupan masyarakat Jawa di Suriname, Iding Soemita lebih memperjuangkan kembalinya suku Jawa ke Indonesia. Di kemudian hari, Salikin kembali lagi ke Indonesia, sementara Iding yang memperjuangkan kembalinya suku Jawa, menetap di Suriname hingga akhir hayatnya.”
“… bahwa Yoshida Kogyo Kabushikigaisya adalah perusahaan ritsleting terbesar di dunia? Perusahaan ini berdiri pada 1934 dan pada 1964 namanya diubah menjadi YKK Co. Kini YKK mempunyai 80 perusahaan di 206 lokasi di 52 negara.”
“… bahwa di negara bagian Amerika Serikat, Oklahoma terdapat daerah yang bernama Happyland, sementara di Oregon terdapat kota dengan nama Boring?”
“… bahwa rujukan pertama kepada catur dalam bahasa Arab muncul dalam puisi-puisi cinta oleh Kutaiyira Azzata dan al-Farazdaq pada 720?”

“… bahwa Nama paling “populer” di dunia adalah Muhammad?”
“… bahwa sebuah bola lampu 75 watt memberikan lebih banyak cahaya daripada tiga bola lampu dengan kekuatan 25 watt?”
“… bahwa Albert Finney menolak tawaran untuk memerankan Lawrence dalam film epos David Lean, Lawrence of Arabia, karena kontraknya akan mengikat dia selama lima tahun? Akibatnya, peran itu jatuh ke tangan Peter O’Toole yang tak pernah berperan dalam film besar sebelumnya. Penampilan O’Toole membuatnya terkenal di dunia internasional.”
“… bahwa terung mulai dibudidayakan di Asia Tenggara lebih dari 4.000 tahun yang lalu? Kerabat terung yang terdekat adalah kentang, tomat, dan petunia. Pada Abad Pertengahan sebagian orang Eropa percaya bahwa terung bermanfaat sebagai obat perangsang!”

“… bahwa Tak ada bangunan di Washington D.C yang lebih tinggi ketimbang Monumen Washington.”
“… bahwa kaktus mempunyai sistem anti dehidrasi yang luar biasa, sehingga sebagian spesiesnya melepaskan hanya 1/600 uap air daripada tanaman biasa yang seukuran? Spesies yang lainnya sanggup menghirup air dari kelembapan di udara!”
“… bahwa kota Levan di Utah diberi nama demikian karena kota itu terletak di tengah-tengah negara bagian Utah di Amerika Serikat. Nama Levan berasal dari kata “navel” (pusar) yang dieja terbalik.”
“… bahwa lebih dari 14 juta bolpen BIC dijual setiap harinya di 150 negara? Nama “BIC” sendiri diambil dari nama penciptanya, Marcel Bich. Ia menghapus huruf terakhir dari namanya, karena ucapannya mirip dengan bitch dalam bahasa Inggris, yang berarti anjing betina / pelacur.”

… bahwa koloni burung terbesar di dunia terdapat di pulau-pulau di lepas pantai Peru. Sepuluh juta burung booby dan kormoran tinggal di sana. Makanan mereka, ikan teri, menghasilkan pupuk terbaik di dunia, guano. Karena nilai tinjanya yang sangat berharga, burung-burung ini mendapat perlindungan khusus dari bangsa Inka.
“… bahwa Semenanjung Malaya disebut oleh Ptolemeus, ahli geografi dan astronom Yunani-Mesir dalam peta yang disusunnya sebagai Aurea Chersonesus sementara Selat Malaka disebutnya Sinus Sabaricus?”
“… bahwa ikan koki akan memudar warnanya bila diletakkan dalam tempat yang suram cahayanya, atau bila ditempatkan di air yang mengalir? Ikan ini akan tetap berwarna keemasan bila diletakkan di sebuah akuarium dengan cahaya yang cukup.”

“… bahwa dari setiap AS$1 yang dibelanjakan untuk membeli sayur-mayur di sebuah pasar swalayan di Amerika Serikat, hanya 5 sen yang diterima oleh si petani yang menanamnya?”
“… bahwa Gertrude Ederle adalah seorang gadis remaja yang menjadi perempuan pertama yang berenang menyeberangi Selat Inggris pada 6 Agustus 1926? Lebih dari itu, ia bahkan memecahkan rekor renang sebelumnya yang dipegang oleh seorang laki-laki!”
“… bahwa pada Perang Dunia II, Angkatan Laut AS menempatkan restoran es krim terapung pertama di dunia yang melayani di medan tempur Pasifik? Kapal ini mampu menghasilkan hampir 40 liter es krim setiap 7 detik.”
“… bahwa salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia adalah demam sungai Jepang, yaitu sejenis penyakit tipus yang menyebabkan kematian lebih dari 50 persen? Penyakit ini terdapat di daerah dekat sungai-sungai di Jepang, Tiongkok, Korea, Myanmar, dan India.

“… bahwa Presiden John Tyler adalah presiden Amerika Serikat pertama yang difoto ketika masih menjabat? John Quincy Adams, Andrew Jackson, Martin Van Buren diambil fotonya setelah turun dari jabatannya sebagai presiden. Sementara William Henry Harrison tidak sempat difoto, karena ia menjabat hanya satu bulan, lalu meninggal karena sakit.”
“… bahwa Walt Disney pernah berbohong ketika pada 1918 ia mendaftarkan diri di Korps Ambulans Palang Merah, bagian dari dinas militer Amerika Serikat? Usianya saat itu baru 16 tahun, sementara syarat pendaftaran adalah usia 17 tahun.”
“… bahwa sapi mulanya didatangkan orang-orang Spanyol ke Benua Amerika untuk dipekerjakan, namun orang-orang Indian menemukan bahwa dagingnya ternyata enak. Mereka malah menjadi gembala-gembala sapi yang pertama, yang menggiringnya menyeberangi Sungai Mississippi ke padang-padang rumput.”

“…bahwa Stanisława Walasiewicz dari Polandia memenangkan perlombaan lari 100 meter di Olimpiade 1932 di Los Angeles, Amerika Serikat dan menjadi perempuan pertama yang menembus batas waktu 12 detik? Pada 1980 ia terbunuh dalam sebuah perampokan. Setelah diotopsi ternyata ia mempunyai alat kelamin laki-laki.”
“…bahwa setelah bertanding melawan Spanyol dalam babak kualifikasi pada 1993, tim sepak bola Albania dilarang tukar-menukar kaos oleh pelatihnya, karena mereka tidak punya cukup uang untuk membuat kaos yang baru dan ingin mengenakannya lagi untuk pertandingan berikutnya?”
“…bahwa Presiden AS Theodore Roosevelt mampu membaca cepat? Ia dapat membaca satu halaman buku dalam waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membaca satu kalimat!”
“…bahwa orang utan dapat tertawa terbahak-bahak? Para peneliti memaparkan, orangutan merupakan salah satu jenis kera modern karena memiliki rasa empati dan mimik wajah, yang merupakan bagian dari tertawa terbahak-bahak. Mirip seperti manusia.

“… bahwa menurut perusahaan anti-spam SpamStopsHere sepanjang tahun 2007 95% dari keseluruhan lalulintas email adalah spam ?”
“… bahwa olahraga kegemaran Presiden Abraham Lincoln adalah gulat?”
“… bahwa pada 22 Maret 1794 Kongres Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang yang melarang kapal-kapal Amerika Serikat memasok budak-budak untuk negara-negara lain?”
“… bahwa Albert Einstein tak pernah belajar mengendarai mobil?”
“… bahwa Tiongkok menghasilkan lebih dari 16% dari seluruh tomat dunia dan menjadikannya negara penghasil tomat terbesar.”
“… bahwa Roy J. Plunkett dari New Carlisle, Ohio, Amerika Serikat menemukan Teflon pada 1938? Penggorengan berlapis Teflon pertama kali diperkenalkan pada 1961.

“… bahwa indera penciuman manusia lebih tajam daripada indera pengecap? Jika lidah sudah mengecap sebuah rasa dalam jangka waktu yang lama, ia akan lebih lama mengubah kepekaannya untuk rasa yang lain. Itulah sebabnya, secangkir kopi manis yang kita minum, akan terasa hambar setelah kita memakan sepotong kue manis.”
“… bahwa Alexander Alekhine pernah menjadi kolaborator Nazi selama Perang Dunia II, dan mengaku siap mengorbankan nyawanya untuk Rusia di bawah pemerintahan Nazi?”
“… bahwa Jesse James adalah perampok kereta api yang pertama di dunia? Ia melakukan perampokan terhadap para penumpang sebuah kereta api pada 21 Juli 1873 di Adair, Iowa, Amerika Serikat.”
“… bahwa tim sepak bola India menarik diri dari putaran final Piala Dunia FIFA 1950 karena mereka tidak diizinkan bermain tanpa sepatu? Sejak itu, mereka belum pernah mendapatkan kesempatan bertanding di putaran final lagi!”

“… bahwa Alexander Alekhine meninggal di Estoril, Portugal karena tersedak sepotong daging. Jenazahnya baru dikuburkan tiga minggu kemudian, karena tak seorangpun yang mengklaimnya.
“… bahwa pemakaman langit adalah tradisi orang-orang Tibet untuk membawa jenazah ke sebuah bukit, memotong-motongnya hingga kecil-kecil untuk dimakan oleh burung-burung pemangsa?”
“… bahwa sebuah pesawat jet jumbo Boeing 747 standar mempunyai 420 tempat duduk?”
“… bahwa lintah pertama kali digunakan dalam pengobatan sekitar 2.500 tahun yang lalu? Air liur lintah mengandung zat yang pencegah pengentalan darah manusia.”

Semoga yang tidak tahu mudah-mudahan bisa tahu. Semoga bermanfaat🙂

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s