Kumpulan Tahukah Anda Bulan Januari Versi Wikipedia Part 2

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Seperti di part 1 tadi aturannya masih sama. Ada titik-titik dibaca ” Tahukah Anda”. Penjelasannya ada di PART 1. Langsung saja check it out.

“… bahwa Roma, kini ibukota Italia, adalah kota pertama yang berpenduduk satu juta orang? Jumlah ini dicapai pada tahun 133 SM. London mencapai angka ini pada 1810 dan New York City pada 1875.”
“… bahwa olahraga yang paling banyak menghabiskan biaya (medis, hukum, dll) karena luka-luka yang ditimbulkan di unit gawat darurat di Amerika Serikat pada 1995 adalah balap sepeda? Biaya yang ditimbulkan lebih dari AS$4 milyar!”
“… bahwa Ronaldo mengubah model rambutnya setelah Brasil mengalahkan Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2002 agar tampil beda dengan temannya, Roberto Carlos? Masalahnya, Ronald, anak lelakinya, mencium layar TV dan berseru ‘Ayah!’ ketika Roberto Carlos muncul di layar TV!”

“… bahwa kata page pada istilah PageRank bukan berasal dari kata page yang berarti halaman dalam bahasa Inggris, tetapi berasal dari nama belakang penciptanya, Larry Page ?”
“… bahwa kini ada lebih dari 100 kota yang berpenduduk lebih dari 1 juta orang?
“… bahwa Presiden Amerika Serikat Benjamin Harrison adalah seorang ahli pidato yang hebat? Ia pernah menyampaikan 140 pidato yang semua isinya sangat berlainan dalam tempo 30 hari.”
“… bahwa lagu kebangsaan Bulgaria ditulis oleh Tzvetan Radoslavov? Kata-kata dan musik aslinya dikarangnya ketika ia masih mahasiswa pada 1885 dan sedang bersiap-siap terjun dalam Perang Serbia-Bulgaria.

“… bahwa sebagian besar kecelakaan yang terjadi dalam balap sepeda menyebabkan cedera di kepala? Hal ini mestinya dapat dicegah apabila si pengendara mengenakan helm pengaman.”
“… bahwa dalam pertandingan babak penyisihan untuk Piala Dunia 1950, Amerika Serikat mengalahkan Inggris dengan angka 1-0? Namun koran-koran di Britania menurunkan laporan bahwa Inggris mengalahkan AS dengan angka 1-10, karena mereka yakin bahwa si wartawan telah membuat kesalahan ketik.”
“… bahwa burung hantu adalah satu-satunya burung yang menurunkan kelopak mata bagian atasnya untuk berkedip? Burung-burung lainnya mengangkat kelopak mata bagian bawahnya.”
“… bahwa seekor ulat sutra dapat memintal benang sutra hampir 2 kilometer panjangnya?”

“… bahwa sebagai sutradara, Clint Eastwood tidak suka cahaya yang terlalu banyak, yang dianggapnya seperti televisi. Ia lebih menyukai efek film noir, khususnya dalam film-film thriller-nya.”
“… bahwa penduduk Arab Saudi adalah pengguna parfum terbanyak di dunia per kapita, yaitu sekitar 0,95 liter untuk setiap orangnya, laki-laki, perempuan, dan anak-anak?”
“… bahwa rata-rata setiap orang Amerika mengkonsumsi 53,07 kg kentang, 52,62 kg daging, 46,36 kg sayur-sayuran segar, 32,29 kg buah-buahan segar, dan 286 butir telur per tahunnya?”
“… bahwa tekanan dalam sebuah botol sampanye kira-kira 6,33 kg untuk setiap 1 cm²? Itu berarti tiga kali lebih besar daripada tekanan dalam sebuah ban mobil.”
“… Pelanggan Layanan 3G terbanyak di dunia adalah NTT DoCoMo dari Jepang. Pelanggannya mencapai 29 juta orang. Urutan kedua diduduki oleh 3 Italy dari negara Italia dengan jumlah pelanggan kurang lebih 8 juta. Sedangkan posisi ketiga di raih oleh SoftBank Mobile dari Jepang.”

“… bahwa sepanjang hidupnya seekor alligator dapat memiliki 2000 hingga 3000 buah gigi?”
“… bahwa pohon Jenderal Sherman di Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat, adalah pohon terbesar di dunia? Beratnya lebih dari 6.000 ton atau 5.443.108,44 kilogram.”
“… bahwa menurut Institut Berondong Jagung Amerika, orang Amerika mengonsumsi hampir 8,26 milyar liter berondong jagung pada 1977? Dari jumlah ini, hanya 10 persen yang dimakan di bioskop-bioskop dan tempat-tempat hiburan lainnya. Sisanya dimakan di rumah.”
“… bahwa Max Adler memberikan hadiah kepada kota Chicago, Amerika Serikat berupa Planetarium Adler dan Museum Astronomi? Planetarium ini adalah yang pertama di belahan bumi barat, dibuka untuk umum pada 10 Mei 1930, dan dibangun dengan harga AS$1 juta.”
“…bahwa Laut Kaspia, danau terbesar di dunia, sekitar 5 kali lebih asin daripada samudera.

“… bahwa Imam Muhayat dari Bali menulis surat terpanjang di dunia selama 8 bulan 5 hari? Surat sepanjang 1.450 halaman yang ditujukan kepada Farida H. Hasyim, istrinya, selesai ditulisnya pada pukul 19.50 WITA, 15 Mei 1995.”
“… bahwa Prof. Dr. F.X. Arif Adimoelja adalah androlog Indonesia pertama? Gelar doktornya dalam bidang ini diperolehnya dari Universitas Katolik Leuven, Belgia, pada 12 Juli 1974.”
“… bahwa pembangunan Terusan Panama menelan korban lebih dari 5.600 orang? Sementara itu, pengelolaan dan pemeliharaannya sekarang ditangani oleh lebih dari 8.000 pekerja.”
“… bahwa seekor gajah dapat menghabiskan sekitar 227 kg rumput dan 227 liter air dalam sehari?”

“… bahwa mesin fax yang pertama dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain, tapi mesin faxnya sendiri baru dipergunakan pada tahun 1964?”
“… bahwa jumlah orang yang berusia 100 tahun ke atas telah bertambah lebih dari dua kali lipat sejak 1980? Jumlahnya sekarang sekitar 50.000 orang. Empat dari lima di antaranya adalan perempuan.”
“… bahwa 12.000 tahun yang lalu di Alaska terdapat gajah, singa, dan unta?”
“… bahwa Restoran cepat saji McDonald’s telah menjual hamburger 12 kali lipat dari jumlah keseluruhan penduduk dunia?”

“… bahwa setiap tahun konsumen Amerika Serikat memakan 1,27 milyar kg cokelat, hampir setengah dari seluruh pasokan dunia?”
“… bahwa pemain sepak bola Italia, Raimundo Orsi kembali ke stadion sehari setelah final Piala Dunia 1934 untuk menunjukkan tendangan lengkungnya yang spektakular, sementara para juru foto bersiap-siap untuk mengambil gambar yang menciptakan gol kemenangan di babak final? Orsi mencoba lebih dari 20 kali mengulangi tendangan yang sama di tempat yang sama, namun gagal terus!”

“… bahwa sebelum 1850 bir tidak dijual dalam kaleng? Orang yang mau membelinya harus pergi ke pasar setempat dengan ember atau mobil truk yang dibuat khusus untuk menyimpan bir, mengisikannya, lalu membawanya pulang.”
“… bahwa kilat dapat menyambar bumi dengan listrik berkekuatan hingga 100 juta volt?”
“… bahwa burung elang dapat menyerang, membunuh, dan membawa mangsanya hingga sebesar rusa muda? Sementara makanan elang Harpy dari Amerika Selatan adalah kera.”

“… bahwa mamalia yang tertinggi adalah jerapah?”
“… bahwa dalam setahun jantung kita dapat berdetak sebanyak 40.000.000 kali?”
“… bahwa sebuah peraturan lokal di Atwoodville, Connecticut menyatakan bahwa orang dilarang bermain Scrabble sewaktu menunggu giliran seorang politikus berbicara?”

“… bahwa negara bagian Johor di Malaysia namanya berasal dari nama tumbuhan peneduh jalan Johar”
“… bahwa semua jam dalam film Pulp Fiction menunjukkan waktu pk. 4.20?”
“… bahwa belang pada harimau bukan hanya pada bulunya, tetapi juga kulitnya?
“…akal mampu menangkap 20 juta informasi dalam 1 detik”

“… bahwa pada pemakaman Alexander Alekhine, Grandmaster catur Rusia, hanya 10 orang yang datang? Pada 1956, tulang-belulangnya dipindahkan ke Paris, dengan biaya dari Fédération Internationale des Échecs. Di batu nisannya tanggal kelahiran dan kematiannya salah ditulis.”
“… bahwa dua-pertiga terung di dunia ditanam oleh New Jersey?
“… bahwa Herbert Clark Hoover, Presiden AS ke-31, adalah salah satu presiden yang paling dihormati? Hoover memperoleh 84 gelar kehormatan, 78 medali dan penghargaan, dan anak kunci ke puluhan kota di dunia.”
“… bahwa Kota Bandung adalah kota terpadat penduduknya di Indonesia? Kepadatan penduduk kota ini adalah 15.745 orang per km².

“… bahwa tukar-menukar kaos sepak bola pernah dilarang FIFA pada 1986, karena organisasi itu tidak ingin para pemain “membuka dadanya” di lapangan ?”
“… bahwa di kejuaraan besar, seorang atlet yang mencatat waktu tercepat pada putaran awal, akan mendapat tempat di jalur tengah pada putaran selanjutnya?”
“… bahwa Ribowo menempuh jarak Jakarta-Surabaya yang jauhnya 835 km dengan egrang? Perjalanan ini ditempuhnya dari 7 Januari 1992 hingga 27 Februari 1992.”
“… bahwa Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani, anggota tim panahan Indonesia adalah orang-orang Indonesia pertama yang memperoleh medali di ajang Olimpiade? Mereka merebut medali perak pada Olimpiade Seoul 1988.”

“… bahwa Al-Lajlaj adalah orang pertama yang membuat analisis dan menerbitkan buku-buku tentang pembukaan permainan catur pada 910? Karya-karyanya diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Persia, Sansekerta, Turki, dan Italia pada abad ke-16.”
“… bahwa Ki Manteb Soedharsono adalah dalang wayang kulit dengan pagelaran terlama, yaitu 24 jam 28 menit non-stop dengan lakon Bharata Yudha? Acara ini disiarkan oleh RRI Semarang mulai pada pk. 21.25 WIB, 4 September 2004 hingga pk. 21.15 WIB, 5 September 2004.”

“… bahwa tempe terpanjang di dunia dibuat oleh warga Kwaron RT 05/RW 11, Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, Semarang? Tempe yang panjangnya 501,74 meter, lebar 6 cm dan tebal 2 cm ini dibuat dalam rangka peringatan hari kemerdekaan R.I., 17 Agustus 2004. Pembuatan tempe ini menghabiskan bahan 375 kg kedelai dan 0,5 kg ragi.”

“… bahwa tambang garam Wieliczka, di kota Wieliczka, dekat Krakow, Polandia, telah beroperasi selama hampir 1000 tahun?”
“… bahwa Jacobus de Cessolis adalah seorang biarawan Dominikan yang menulis buku De moribus hominum ed de officiis nobilium super ludo scaccorum (Buku tentang kebiasaan manusia dan kewajiban para bangsawan atau Buku Catur)? Buku ini berisi kumpulan homilinya yang berisi ajaran-ajaran moral berdasarkan permainan catur.
“… bahwa orang Jerman menganggap film Casablanca sebagai sebuah propaganda? Karena itu film ini dilarang diputar di bioskop-bioskop Jerman selama Perang Dunia II. Setelah perang, hanya versi yang sudah disensor habis-habisan yang diizinkan diputar, setelah semua referensi kepada Nazi digunting.”

“… bahwa Andrew Johnson adalah presiden AS yang menikah dalam usia termuda? Pada hari pernikahannya, 5 Mei 1827, ia berumur 18 tahun sementara istrinya, Eliza McCardle, berumur 16 tahun.”
“… bahwa pada abad ke-4 SM setiap laki-laki Sparta yang berusia 20 tahun ke atas, diwajibkan oleh hukum untuk makan daging sebanyak 1 kg setiap harinya? Mereka percaya hal ini akan membuat mereka berani.”
“… bahwa pabrik payung pertama di Amerika Serikat didirikan di Baltimore, Maryland pada 1928?”
“… bahwa 80% dari semua orang yang tersambar petir adalah laki-laki?”
“… bahwa sejak pendudukan Israel, dari 9 juta warga Palestina, 6 juta di antaranya berada di luar negeri. Dari 3 juta yang berada di dalam negeri, lebih dari setengahnya berada dalam tahanan.”

Semoga yang tahu bisa jadi tahu. Okay, semoga bermanfaat….🙂

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s