Catatan Reyvanologi 2012 : Lagu Iwak Peyek

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Reyvanologi punya catatan menarik sepanjang tahun 2012. Sekarang kita menuju ke urutan 8 ada siapa yaa…Ada Lagu Iwak Peyek.

Siapa yang tidak tahu dengan Lagu Iwak Peyek. Lagu yang terkenal sangat mendunia di Indonesia di pertengahan bulan tahun 2012. Lagu yang bermula dari Kota Surabaya ini, awal mulanya adalah untuk mendukung Persebaya saat bertanding. Langsung saja kita lihat ulasan Catatan Reyvanologi 2012 : Lagu Iwak Peyek yang ada di urutan ke 8. Check it out.

LAGU “Iwak Peyek” jadi fenomena di industri musik tanah air.

Lagu yang versi terbarunya dibawakan oleh Trio Macan ini sudah ada sejak bertahun-tahun silam, diciptakan oleh seorang sesepuh suporter kesebelasan sepakbola Persebaya Surabaya (Bonek) yang bernama H. Imron.

Diceritakan oleh pria paruh baya asal kota Pahlawan itu, lagu “Iwak Peyek” lahir dari tangannya secara tidak sengaja. Ketika itu, dia dan ratusan Bonek lainnya, sedang “terdampar” di kota Bandung usai mendukung tim kesayangan.

“Lagu itu tercipta ketika kami mendukung Persebaya di Bandung. Saat itu seporter Surabaya kelaparan. Dan saya kepikiran enak kali ya, kalau ada nasi jagung sama iwak peyek. Saya langsung berdoa dan ternyata setelah berdoa, syair ‘Iwak Peyek’ langsung mengalir begitu saja” tutur H. Imron kepada wartawan, di kawasan Kebayoran Baru,
Jakarta, Jumat (6/4).

“Iwak Peyek” kemudian menjadi salah satu lagu wajib yang dikumandangkan para Bonek di stadion, dimanapun Persebaya berlaga.

“Kami menyemangati para pemain dengan kata-kata ‘iwak peyek iwak peyek nasi jagung, sampai tuek sampai elek, tetap mendukung’,” papar H.Imron sambil menyanyikan lagunya.

“Iwan Peyek”, lagu dangdut dengan lirik yang sederhana ini memang menjadi fenomenal akhir-akhir ini. Lagu yang berasal dari Jawa Timur ini memang membuat para pendengar ikut bergoyang.

Lagu yang populer setelah diaransemen ulang oleh Trio Macan tersebut memang pernah diklaim oleh Arek Band adalah ciptaannya dan mereka berencana menuntut Trio Macan karena menganggap Trio Macan tidak meminta izin kepada mereka, ini pula yang membuat lagu ini semakin populer.

Tidak hanya itu saja yang membuat lagu ini semakin populer, lagu ini populer tidak lepas juga dari Andre dan Sule yang membawakan lagu “Iwak Peyek” di acara Opera Van Java Trans7 dengan tingkah mereka yang kocak.

Ternyata banyak yang tidak mengetahui arti dari judul “Iwak Peyek” tersebut, banyak yang mengartikan iwak peyek itu rempeyek ikan. Rempeyek atau peyek sendiri adalah makanan atau lebih tepatnya camilan yang berasal dari tepung (maaf ndak tahu jenis tepung apa) yang digoreng tipis dengan tambahan teri, kacang ataupun kedelai, biasanya untuk tambahan di menu nasi pecel. Jadi kalau rempeyek ikan adalah rempeyek atau peyek yang atasnya ditaburi ikan.

Tapi menurutku pengertian tersebut salah, arti dari “Iwak Peyek” sendiri adalah ya lauk peyek, kenapa bisa begitu? Sebab di Jawa Timur khususnya di Madiun sendiri, banyak yang penjual nasi pecel yang menyebut lauk dengan sebutan iwak alias ikan. Kira-kira begini ilustrasinya,

Pembeli : “Bu tumbas sekol pecel, mriki” (Bu beli nasi pecel, dimakan disini)
Penjual : “Ulame nopo bu?” (Ikannya apa bu?)
Pembeli : “Tempe mawon bu” (Tempe saja bu)

Dari ilustrasi diatas, penjual menanyakan mau ikan apa? Jika dengan arti sesungguhnya mestinya pembeli akan bilang ikannya lele, gurame atau yang lainnya, tapi ini malah tempe, apa tempe itu termasuk ikan?

Nah begitulah kira-kira, jadi arti dari iwak dari judul lagu dangdut tersebut adalah lauk.

Ngomong-ngomong kenapa saya bisa tahu tentang hal ini? Ya soalnya saya adalah orang Madiun, Jawa Timur dan kedua nenek saya mantan penjual pecel, jadi ya tahu dong :D

Sekian…Wassalam…Semoga Bermanfaat….Save Our Earth and World

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s