Catatan Reyvanologi 2012 : Tomcat dan Ulat Bulu

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Sekarang Reyvanologi telah memiliki sejumlah catatan menarik sepanjang tahun 2012. Dan kita sudah ada di urutan 4. Nah, pasti kalian kalau misalnya ditanya siapa di urutan 4, so pasti kalian jawabnya nggak tahu.

 

Udah langsung saja di  Catatan Reyvanologi urutan 4 ada Tomcat dan Ulat Bulu. Dua binatang yang geli menggelitik ini menjadi wabah di seluruh indonesia di tahun 2012. Heem..dua binatang ini juga pintar untuk memangsa manusia sehingga menjadi korban. Dan, apa yang terjadi rumah sakit dan puskesmas kewalahan mencari obat ampuh untuk mengatasi racun dua binatang ini. Langsung aja Catatan Reyvanologi urutan 4 : Tomcat dan Ulat Bulu. Check it out.

Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Tomcat akan mengeluarkan cairan otomatis bila bersentuhan atau berbenturan dengan kulit manusia. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya ini pada benda-benda seperti baju, handuk, atau benda-benda lainnya.

Dalam tubuh Tomcat, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih mematikan dari bisa ular kobra sekalipun! Cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai aederin.

Serangga Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘:dermatitis linearis’:, ‘aederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’:.

Jadi berhati-hatilah jika sobat sekalian bertemu atau melihat Serangga Tomcat ini. Sebaiknya segera basmi dengan racun serangga atau jika nggak mau repot, pukul saja pakai sandal tapi ingat jangan sampai terkena cairan dari serangga

Serangga Tomcat adalah Kumbang Rove. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan musuh.Yang Menyebabkan Reaksi Kulit

Nah, yang ulat bulu merupakan serangga yang bila disentuh manusia maka akan mengakibatkan gatal-gatal. Di SMP, malah ulat bulu jadi wabah. Satu kelas beberapa siswanya kena racun ulat bulu. Guru sampai kewalahan obat yang manjur untuk menghilangkan gatal dari ulat bulu tersebut. Akhirnya pohon mangga menjadi biangnya ulat bulu di sekolahku. Pihak sekolah langsung menebang pohon itu secara paksa. Akhirnya, after this ulat bulunya pergi karena merasa terganggu dengan adanya penebangan secara paksa.

Sekian…Wassalam….Semoga bermanfaat…Save Our Earth and World…

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s