Waspadalah Dengan Kolesterol Anda

Assalamualaikum Wr.Wb

Pembaca yang budiman, Apakah anda sering pusing? sakit kepala? vertigo? nyeri kepala sebelah atau migrain? atau sering nyeri sendi? Jika Anda sering mengalami hal tersebut, mulai saat ini waspadalah, karena hal tersebut bisa jadi disebabkan karena kadar kolesterol dalam darah anda tinggi.

Apa itu Kolesterol ?

Kolesterol adalah suatu bahan berlemak yang secara alamiah dibentuk oleh tubuh  kita di dalam hati. Selain itu, sebagian kolesterol juga berasal dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol dalam tubuh berperan untuk membentuk dinding sel di seluruh jaringan dan organ tubuh.

Kolesterol juga diperlukan untuk membuat beberapa jenis hormon yang penting. Meskipun demikian, bila kadar kolesterol dalam darah meningkat, maka kolesterol akan cenderung menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri yang akhirnya dapat mengakibatkan suatu keadaan yang disebut dengan Atherosclerosis. Jika dibiarkan, maka keadaan ini makin lama akan menghambat aliran darah yang dapat mengakibatkan stroke, penyakit jantung koroner, kencing manis (diabetes melitus), bahkan impotensi.

Penyebab 

Kebutuhan kolesterol secara normal dapat dipenuhi oleh produksi dalam tubuh sendiri, tetapi kadar kolesterol dalam darah akan meningkat apabila diet yang kita makan banyak mengandung kolesterol.

Sebenarnya hanya seperempat jumlah kolesterol dalam darah kita yang berasal dari makanan. Sumber utama kolesterol dalam makanan adalah dari lemak binatang (biasa disebut dengan lemak jenuh) dan telur. Lemak tidak jenuh yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (misalnya minyak kedelai, margarin) tampaknya tidak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Orang yang gemuk tidak berarti memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi daripada orang yang kurus. Kadar kolesterol dalam darah sangat tergantung pada jenis makanan yang kita konsumsi dalam diet kita sehari-hari.

HDL dan LDL, Apa artinya ?

Di dalam tubuh, kolesterol akan terikat pada suatu protein dan membentuk senyawa yang disebut Lipoprotein. Dalam dunia kedokteran dikenal berbagai jenis lipoprotein, namun yang paling sering digunakan untuk memantau kadar lemak dalam darah hanya ada 2 bentuk lipoprotein, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein/Lipoprotein dengan kepadatan rendah) dan HDL (High Density Lipoprotein/Lipoprotein dengan kepadatan tinggi).

LDL mengandung lebih banyak lemak daripada HDL, dan oleh karenanya LDL lebih ringan dibandingkan HDL, sesuai dengan namanya. Karena kandungan lemaknya yang tinggi, LDL dianggap bertanggung jawab terhadap penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri dan karena itu pula disebut sebagai ” Kolesterol Jahat”.

HDL berperan sebagai pembersih kolesterol dari dinding pembuluh darah arteri dan membawa kolesterol kembali ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Karena itu HDL disebut sebagai “Kolesterol Baik” sebagaimana dibuktikan dalam berbagai macam penelitian bahwa penderita dengan kadar HDL tinggi mempunyai risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Trigliserida

Bentuk lemak yang lain dalam darah selain kolesterol adalah Trigliserida yang juga merupakan sumber energi terbesar bagi sel tubuh kita. Keduanya merupakan lemak yang paling utama dalam terjadinya penyakit jantung koroner. Seperti namanya, Trigliserida terdiri dari 3 asam lemak yang terikat pada satu molekul gliserol.

Asam lemak ini nantinya akan dipakai oleh sel tubuh kita sebagai sumber energi. Berdasarkan penelitian, seperti halnya dengan Kolesterol, tingginya kadar Trigliserida dalam darah dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kadar Trigliserida dalam darah antara lain adalah Obesitas, Aktivitas Fisik yang kurang, merokok, alkohol, diet tinggi Karbohidrat dan beberapa kelainan genetik.

Gejala Kolesterol Tinggi

Memiliki kadar Kolesterol tinggi kadangkala bagi sebagian orang tidak menunjukkan gejala. Karenanya sering kadar kolesterol seseorang menjadi tidak terkontrol sebelum akhirnya memeriksakan darah di laboratorium dengan kadar kolesterol yang kemudian diketahui sudah berada diambang batas normal.

Bagi sebagian orang lainnya, gejala kolesterol tinggi akan terasa dengan timbulnya berbagai keluhan tertentu, seperti sendi terasa sakit, merasakan vertigo atau migrain yang sering kambuh. Untuk memastikan kadar kolesterol berada pada batas normal ataupun malah sebaliknya, maka salah satu cara paling baik dilakukan adalah melakukan tes darah di laboratorium. Meski demikian kadar normal kolesterol pada setiap orang tidaklah sama. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol normal seseorang, dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya usia, riwayat penyakit, dan seberapa besar faktor risiko yang ia miliki.

Apa yang harus dilakukan ?

Cara yang diketahui untuk meningkatkan kadar HDL (Kolesterol Baik) adalah lewat Olahraga, sedangkan kadar LDL (Kolesterol Jahat) dapat diturunkan dengan merubah kebiasaan makan.

Olahraga dan pengaturan pola makan dapat menurunkan pola makan dapat menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar Kolesterol :

  • Makan-makanan yang seimbang, jangan terlalu berlebihan
  • Kurangi makanan berlemak yang berasal dari binatang dan ganti dengan lemak nabati yang relatif lebih aman
  • Kurangi sebanyak-banyaknya lemak daging. Buang semua lemak yang menempel pada daging sebelum dimasak. Buang kulit ayam sebelum dimasak. Makan lebih banyak protein dari ikan dan sayuran, misalnya tahu dan tempe.
  • Cobalah makan makanan yang dipanggang, rebus, atau tumis daripada goreng. Gunakan minyak sayur untuk memasak
  • Berhenti merokok
  • Jaga berat badan sesuai dengan umur dan berat badan
  • Olahraga teratur
By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s