Folklor

Folklor adalah adat istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun, tetapi belum dibukukan. Ada juga yang mengartikan folklor adalah sebuah cerita yang tokohnya adalah binatang, makhluk hidup di luar manusia, atau personifikasi abstrak yang mengambil perwatakan kemanusiaan dan berbicara serta bertingkah laku seperti manusia. Folklor dibedakan atas folklor lisan dan folklor non lisan. Folklor lisan adalah folklor yang disebarluaskan dan diwariskan dalam bentuk lisam, seperti bahasa, teka-teki, dan puisi rakyat. Folklor non lisan adalah folklor dalam bentuk benda-benda kuno hasil kebudayaan, misalnya arsitektur rakyat, kerajinan tangan, pakaian, perhiasan tradisional, dan obat tradisional.

Ciri-ciri Folklor sebagai berikut 

1. Folklor menjadi milik bersama dari kolektif tertentu. Hal ini disebabkan penciptanya yang pertama sudah tidak diketahui lagi sehingga setiap anggota kolektif yang bersangkutan merasa memilikinya.

2. Penyebaran dan pewarisannya dilakukan secara lisan, yakni dengan tutur kata atau gerak isyarat atau juga alat pembantu pengikat lainnya.

3. Folklor bersifat anonim, artinya penciptanya tidak diketahui.

4. Folklor hadir dalam versi-versi bahkan variasi-variasi yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh cara penyebarannya secara lisan sehingga mudah mengalami perubahan.

5. Folklor bersifat tradisional, yakni disebarkan dalam bentuk relatif tetap atau standar.

Bentuk-bentuk folklor sebagai berikut :

1. Folklor lisan yang bentuknya murni lisan seperti bahasa rakyat, puisi rakyat, mite, legenda, dan dongeng.

2. Folklor sebagian lisan yaitu folklor yang bentuknya merupakan campuran unsur lisan dan bukan lisan seperti permainan rakyat, tarian rakyat, adat istiadat dan sebagainya.

3. Folklor bukan lisan yaitu folklor yang bentuknya bukan lisan walaupun pembuatannya diajarkan secara lisan seperti arsitektur rakyat, kerajinan tangan, pakaian, dan sebagainya.

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s