Perangkat Kelas dalam Kacamata Saya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Salam WordPress, Salam Reyvanologi. Apa Kabar, insyaallah dalam keadaan sehat walafiat amiin.. Kali ini Reyvanologi akan memberikan posting yang sangat berbeda dari yang sebelumnya. Maklum saya sudah ada ide yang cemerlang banget. Posting yang saya buat ini adalah posting saya sendiri. Dilihat dari segi pandangan saya, ya itulah yang saya buat untuk ide yang saya simpan di otak saya.

Kali ini Reyvanologi akan membahas posting yang sangat familiar sekali. Sebelumnya, aku mau tanya. Kalian kan sudah memasuki Tahun Ajaran Baru. Biasanya kalau Tahun Ajaran Baru kayak gini, sudah gencar-gencarnya melakukan pemilihan perangkat kelas. Ini dilakukan pada awal kita setelah kenaikan kelas atau siswa baru di sekolah baru.

Tentunya kalian mungkin banyak yang berharap, ingin menjadi salah satu dari perangkat kelas tersebut. Ada juga yang tidak berharap, langsung dari awal bilangnya selalu begini, “Sudah, aku jadi anggota saja lah !! Kalau jadi Perangkat Kelas repot banget. Ngurus inilah itulah.”

Memang perangkat kelas itu ada bermacam-macam :

1. Ketua Kelas

2. Wakil Ketua Kelas

3. Sekretaris I

4. Sekretaris II

5. Bendahara I

6. Bendahara II

Semua itu mempunyai tugas dan wewenang nya masing-masing. Langsung aja saya menjelaskan semua perangkat kelas menurut kacamata saya atau pandangan saya.

1. Ketua Kelas

Ketua Kelas bertugas untuk mengurus kelas sebaik-baiknya, mengevaluasi kelas, mengatur jalannya rapat evaluasi kelas, memimpin jalannya diskusi dll.

2. Wakil Ketua Kelas

Bertugas untuk membantu ketua, jika ketua kelas saat hari itu juga tidak masuk dan tepat hari itu juga ada panggilan ketua kelas maka wakil berhak untuk menggantikan, membantu ketua dalam urusan kelas dll.

3. Sekretaris I

Bertugas untuk menjadi notulis dalam rapat evaluasi kelas, melengkapi administrasi kelas yang kurang, mengisi jurnal kelas, mengisi data administrasi kelas, jika ada tugas maka sekretaris ditunjuk untuk menuliskan tugas tersebut kepada anggota dll.

4. Sekretaris II

Bertugas membantu sekretaris 1 untuk melakukan tugasnya. Untuk itu mungkin enaknya dibagi biar sama rata. Mencatat data inventaris kelas yang ada. Jika kurang Bendahara akan bertanggung jawab mengatasinya dengan cara membeli memakai uang kas kelas.

5. Bendahara I

Mengatur keuangan kelas, pemasukan kelas, pengeluaran kelas. Memegang uang buku paket, lks, maupun alat-alat lainnya yang harus dibayar.

6. Bendahara II

Membantu Bendahara I jikalau ada kesulitan dalam mengatur keuangan kelas. Atau alternatif kedua yaitu untuk penarikan kas kelas guna untuk mengatasi data administrasi kelas yang kurang atau data inventaris kelas yang kurang. Masalah uang kas membayar per harinya berapa ? bisa dikoordinasikan lewat ketua kelas.

Nah, itulah penjelasan sedikit mengenai tugas perangkat kelas. Mungkin menurut anda tertarik yang mana. Kalau saya sih, mau sekretaris karena saya hobi menulis. Jarang-jarang saya di kelas menjadi sekretaris, Malah jadi Bendahara 2. Kenapa saya kok selalu menjadi Bendahara. Karena eh karena suara teman sekelas sedikit sekali. Biasanya kalau suara satu kelas sedikit malah jadi Bendahara. Makanya sekarang aku menjabat sebagai Bendahara.

Memang dirasa menjadi Perangkat kelas, sangatlah tidak mudah. Apalagi saya yang menjadi Bendahara. Susahnya…minta ampun. Karena apa..?

1. Teman satu kelasnya ada alasan tidak membawa uang

2. Lagi Bokek ga ada uang.

3. Sulit diajak membayar.

Pokoknya permasalahannya biasa saja. Tapi dilakukan berulang kali. Hadehhh…. Saya pun repot dibuatnya. Waktu Gurunya minta untuk menyetorkan uang lksnya, saya jadi minder setengah mati. ” Reyvan, yang sudah bayar berapa orang..?” Itu Pak masih 12 orang. Lho yang lainnya mana? Itu pak anak-anak lho biasanya alasan ndak membawa uang pak, ada juga yang lagi bokek… Ya sudah kalau gitu secepatnya ditarik ya… Ya.

Itulah yang membuat aku jadi minder. Sebab, teman-temanku yang malas untuk membayar. Bahkan di kelas aku, ada juga yang belum membayar sama sekali. Ihh…jengkel aku jadinya. Emang kamu ndak mikirin orang tua apa ? Kan aku berbaik hati uang lks lho bisa nyicil. Kan gampang masak susah.

Maka dari itu dukanya menjadi Bendahara. Memang semua perangkat kelas kadang selalu benar. Pasti ada juga salah dan khilaf bahkan lupa pun juga. Maka dari itulah kita harus saling intropeksi diri agar kelas kita menjadi abadi selama-lamanya.

Oh ya biasanya dalam Pemilihan Perangkat Kelas ada beberapa cara :

1. Pemilihan berdasarkan voting

2. Pencalonan

Kita jelaskan saja :

1. Pemilihan berdasarkan voting caranya jika suara terbanyak dialah yang mengemban jabatan tertinggi.

2. Pencalonan caranya siapa yang ingin menjadi Perangkat Kelas. Lalu dilakukan voting. Siapa yang memilih ini dsb…

Demikian penjelasan posting kami

Wassalamualaikum Wr.Wb

Sampai jumpa. Salam Reyvanologi. Salam WordPress.

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

