Manfaat Bambu

Salam WordPress… Kami dari blog Reyvanologi akan menyuguhkan artikel menarik bagi kalian. Karena kita menyadari bahwa kita haruslah tampil beda, bukan hanya penampilan tetapi artikel yang disuguhkan juga tak kalah berbeda dari biasanya. Kami mohon partisipasi anda untuk meninggalkan komentar, baik kritik, saran, pujian, sanggahan,dsb. Terus kunjungi blog kami. Bila ada kekurangan dari blog kami, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya. Memang kami menyadari banyak hal yang kurang di blog kami, Sekali lagi kami meminta maaf…

Oke…deh langsung saja kita akan mengikuti pembahasan artikel kali ini. Artikel kali ini sangatlah istimewa. Langsung aja, yaitu Bambu. Nah, pasti kalian sudah tahu. Di sekitar kalian mungkin masih ada tanaman ini. Cuma, kalau di kota rasanya kurang menemui tanaman tersebut karena tidak cocok dengan kondisinya mungkin.

Kira-kira bambu ini bisa digunakan untuk apa saja ya..???

1. Angklung

2. Calung

3. Kentongan

4. Kipas Bambu

5. Kipas Sate

6. Meja

7. Kursi tamu

8. Kuda Lumping

9. Tusuk gigi

10. Tusuk sate

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, kalau tadi adalah Bambu yang bisa dijadikan barang bernilai jual tinggi. Sekarang adalah Apakah Bambu mempunyai manfaat ?

Tentulah bambu mempunyai manfaat yang sangat banyak. Apa saja..??

Bambu untuk Konservasi Sumber daya alam. Bambu mudah berkembang biak. Karena bambu merupakan tanaman potensial. Mengapa ?

– Bambu gampang untuk beradaptasi terhadap lingkungannya.

– Bambu cepat berkembang biak. Karena jika tanaman ini ditebang, maka esok harinya tumbuh kembali.

– Bambu dapat menyelamatkan deforestasi. Deforestasi adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon (stand of trees) sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nirhutan (non-forest use) yakni pertanian, peternakan, atau kawasan perkotaan.Istilah deforestasi sering disalahartikan untuk menggambarkan kegiatan penebangan yang semua pohonnya di suatu daerah ditebang habis. Namun, di daerah beriklim ugahari yang cukup lengas (temperate mesic climate), penebangan semua pohon—sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan kehutanan yang berkelanjutan (sustainable forestry)—tepatnya disebut sebagai ‘panen permudaan’ (harvest regeneration).Di daerah tersebut, permudaan alami oleh tegakan hutan biasanya tidak akan terjadi tanpa gangguan, baik secara alami maupun akibat manusia. Selain itu, akibat dari panen permudaan seringkali mirip dengan gangguan alami, termasuk hilangnya keanekaragaman hayati (biodiversity) setelah perusakan hutan hujan(rainforest) yang terjadi secara alami.

– Bambu merupakan penghasil oksigen paling besar.

– Bambu menambah 240 % air bawah tanah lebih besar.

– Bambu merupakan tumbuhan dengan kearifan lokal.

– Bambu dapat menyerap air hujan sampai 90 % melalui lubang pada batangnya.

– Bambu dapat tumbuh pada semua jenis tanah.

– Bambu memiliki kemampuan peredam suara yang baik.

– Bambu dapat menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan.

– Bambu dapat menjadi obat hepatitis B. Bambu yang digunakan adalah Bambu Kuning.

Dengan menanam Bambu kandungan zat karbon di udara akan berkurang, oksigen semakin melimpah, dapat menyerap air sehingga mencegah kekeringan/kekurangan air saat musim kemarau. Bisa mencegah tanah longsor, dan pemanasan global, serta banjir. Merindangkan lingkungan sekitar. Menyeimbangkan ekosistem alami. Tunasnya bisa digunakan untuk bahan makanan pada keadaan darurat (krisis pangan). Cocok untuk reboisasi hutan yang gundul/rusak karena cepat berkembang biak. Juga untuk obat hepatitis B.

Nah, ternyata tanaman yang sangat tersohor sekali ini, banyak sekali manfaatnya. Dan tak kalah hebatnya Bambu bisa untuk obat Hepatitis B. Wuiiih…cocok sekali mungkin bagi penderita penyakit tersebut.

Semoga saya menyuguhkan artikel ini mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua. Salam WordPress..Salam Reyvanologi.

Jangan lupa tinggalkan komentar baik berupa saran, kritik, pujian, sanggahan, dan lain sebagainya…Oh ya jangan lupa untuk follow twitter aku di @reyvanologi dan sukai halaman saya di Facebook yaitu di http://www.facebook.com/pages/Reyvanologi/236455386483046 dan jangan lupa ya di blog kami ada sebuah polling. Nah, setiap minggunya kami akan melihat polling kami. Polling kami jangan lupa untuk dijawab sesuai pertanyaannya yang benar…yah…!!! Terima kasih…

Sampai jumpa di Pembahasan Artikel berikutnya.

By reyvanologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s